Implementasi Gaya Kepemimpinan Kharismatik di Partai PKS

Authors

  • Zahra Nur Wahidah Universitas Negeri Padang
  • Syamsir Universitas Negeri Padang
  • Dian Pramudita Sari Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.38035/jgsp.v1i2.26

Keywords:

Implementasi,, Kepemimpinan, Kharismatik, Partai PKS

Abstract

Abstract: Leadership is a process of pushing and pushing through the successful interaction of individual differences, controlling one's strengths in the pursuit of a common goal. This charismatic leadership emphasizes the existence of a special aura of a leader which results in many followers who are willing to obey and obey him. the purpose of this research is to find out how PKS leaders can build connections and strengthen relationships with party members and the community by utilizing charismatic leadership. This research is a qualitative research. The population in this study were all members of the PKS party as charismatic leaders. This is because as members of the PKS party who will later be tasked with upholding the public interest, the members of the PKS party must be charismatic in their leadership system. In this study we used data collection techniques using observation techniques (observation) of how charismatic leadership runs in the PKS party. The results of this study are that the leadership style of the PKS party has its own characteristics because each party has its own culture or organizational behavior. This can be seen in the organizational structure of the PKS party, where it can be seen that each level has a relationship that is bound to each other so that good relations are established within the PKS party itself. The PKS party has an evaluation system from top to bottom because each level has its own obstacles or challenges. Therefore, with an evaluation related to the performance of each level, there will be a strong push to be better in the future.

 

Abstrak: Kepemimpinan adalah proses mendorong dan mendorong melalui interaksi yang berhasil dari perbedaan individu, pengendalian kekuatan seseorang dalam mengejar tujuan bersama. Kepemimpinan karismatik ini menekankan terhadap adanya aura istimewa seorang pemimpin yang mengakibatkan banyaknya pengikut yang dengan rela patuh dan taat kepadanya. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemimpin PKS dapat membangun koneksi dan memperkuat hubungan dengan anggota partai serta masyarakat dengan memanfaatkan kepemimpinan karismatik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota partai PKS sebagai pemimpin yang kharismatik. Hal ini dikarenakan sebagai anggota partai PKS yang nantinya akan bertugas menegakkan kepentingan umum maka para anggota partai PKS ini harus bisa bersifat kharismatik dalam sistem kepemimpinannya. Pada penelitian ini kami menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik obsevasi (pengamatan) bagaimana kepemimpinan kharismatik berjalan pada partai PKS. Hasil penelitian ini yaitu Gaya kepemimpinan pada partai PKS ini memiliki karakteristik tersendiri karena setiap partai memiliki budaya atau perilaku organisasinya sendiri-sendiri. Hal ini dapat dlihat pada struktur organisasi yang ada pada partai PKS tersebut, yang mana dapat dilihat bahwa setiap jenjangnya memiliki hubungan yang terikat satu sama lainnya agar terjalinnya hubungan yang baik dalam partai PKS itu sendiri. Partai PKS ini memiliki sistem evaluasi dari atas ke bawah karena setiap jenjang pasti memiliki hambatan atau tantangannya sendiri. Oleh itu dengan adanya evaluasi terkait kinerja setiap jenjang maka akan adanya dorong yang kuat agar menjadi lebih abik kedepannya.

References

Anwar, K., Nizam, N. A., & Fadilah, S. (2021). Kepemimpinan Kharismatik dan Strategi Komunikasi Politik dalam Meningkatkan Elektabilitas Partai Keadilan Sejahtera. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(1), 60-68.

Haqiqi, M. (2018). Transformasi Kepemimpinan Partai Keadilan Sejahtera Menuju Kepemimpinan Karismatik. Jurnal Perspektif, 23(1), 59-70.

Khaer, Misbakhul dan Ahmad Basuki. 2023. Peran Model Kepemimpinan Karismatik Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Pada Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Muamalah Tulungangung). Tulungagung: WADIAH Jurnal Perbankan Syariah.

Mardikarani, I., & Subagja, R. (2018). Kepemimpinan Karismatik dalam Meningkatkan Kinerja Organisasi: Studi Kasus pada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 69-80.

Marginingsih, Ria. 2016. Kepemimpinan Karismatik Sebagai Employer Branding. Bekasi: Jurnal Bisnis Darmajaya.

Sahputra, M. R. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepemimpinan Kharismatik dan Dampaknya terhadap Kinerja Organisasi (Studi Kasus pada Partai Keadilan Sejahtera Kota Padang). Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 28-38.

Published

2023-05-29

How to Cite

Nur Wahidah, Z., Syamsir, & Pramudita Sari, D. . (2023). Implementasi Gaya Kepemimpinan Kharismatik di Partai PKS. Jurnal Greenation Sosial Dan Politik, 1(2), 44–49. https://doi.org/10.38035/jgsp.v1i2.26

Most read articles by the same author(s)